23 Feb

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Mahir Bahasa Inggris

Bisa berbahasa Inggris sudah seperti keharusan saat ini. Mulai dari urusan pendidikan, pekerjaan, hingga usaha membutuhkan keahlian bahasa Inggris. Keahlian yang bisa mengantarkan seseorang mengembangkan diri, karir, dan usahanya. Keahlian yang sayangnya belum dimiliki oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Saya termasuk yang beruntung saat ini bisa menikmati nikmatnya bekerja di rumah, salah satunya dengan modal bahasa inggris tentunya.

Bila ini problematika Anda, tak perlu khawatir. Saat ini banyak sekali cara mudah, murah, dan tepat untuk mahir berbahasa Inggris. Misalnya dengan belajar lewat aplikasi di ponsel Android kamu. Modalnya hanyalah paket internet, atau koneksi internet rumah seperti saya yang baru saja pasang di rumah, hal itu untuk menunjang agar akses belajar anti lelet. Lalu unduh dan belajarlah dari aplikasi-aplikasi pembelajaran terbaik seperti:

Aplikasi Android Bahasa Inggris

Sumber: The Register

1. Duolingo
Ini merupakan aplikasi paling populer di antara beragam pilihan aplikasi belajar bahasa asing. Aplikasi yang bisa diunduh gratis, ringan, mudah, dan nyaman digunakan. Kamu akan merasa belajar seperti bermain, karena setiap materi disajikan dengan cara unik, fitur tatap muka yang berwarna-warni, dan terdapat skor untuk melihat perkembangan.
Duolingo melatih kemampuan grammar, speaking, dan listening sekaligus dengan cara yang fun. Selain bahasa Inggris, kamu juga bisa belajar bahasa asing lain seperti, Spanyol, Jerman, Perancis, Italia, Belanda, Portugis, Denmark, Swedia, Irlandia, dan lain-lain.

2. Memrise
Di Memrise kamu akan belajar kecepatan mengingat dan menghafal kosakata dalam bahasa Inggris. Ini cara yang cukup efektif untuk melihat hasil lebih cepat dan tepat. Ada ribuan materi yang akan membantumu lancar berbahasa Inggris. Materi tersebut terbagi dalam sejumlah tes dan tingkatan untuk membuatmu belajar lebih mudah dan menyenangkan.
Memrise bisa diunduh gratis di Play Store, namun membutuhkan kuota data untuk mengaksesnya. Kuota data tersebut bisa diisi ulang dengan mudah, cepat, dan murah lewat gerai online. Contohnya membeli pulsa via aplikasi Traveloka.

3. CoffeStrap
Banyak cara yang bisa dicoba untuk bisa mahir berbahasa Inggris. Contohnya seperti cara berbeda dan unik yang disajikan aplikasi CoffeStrap. Di aplikasi ini kamu bisa terhubung ke sesi chat dengan penutur asli dalam bahasa yang dikehendaki.
Jadi, kamu hanya perlu memilih bahasa yang ingin dipelajari, untuk bisa belajar langsung dengan penutur aslinya. Aplikasi juga bisa mendeteksi bahasa yang kamu ucapkan dan melakukan koreksi untuk perbaikan.

4. Learn 50 Languages
Seperti namanya, aplikasi ini mengajarkan 50 bahasa asing yang populer di dunia, termasuk bahasa Inggris. Ada fitur gabungan antara video dan teks untuk bisa belajar dengan efektif. Kamu akan belajar mulai dari kosakata dasar hingga berbicara kalimat pendek dengan fasih.
Ada sekitar 100 pelajaran yang bisa membantu kamu untuk bisa bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris di segala situasi. Misalnya di hotel, saat libuan, obrolan ringan, dan sebagainya.

5. Mango Languages
Jika paket internet kamu masih banyak, coba unduh aplikasi Mango Languages. Aplikasi yang mengajarkan kosakata bahasa Inggris untuk digunakan dalam keseharian. Ada 4 kunci penting penguasaan bahasa secara cepat dan efektif yang disajikan Mango. Di antaranya kosakata, pengucapan, tata bahasa, dan budaya.
Untuk mengakses aplikasi tanpa gangguan dan hambatan, pastikan kuota cukup atau membeli secara online. Kenapa? Karena gerai online menawarkan kemudahan, kenyamanan, kecepatan, dan penghematan dalam membeli kuota. Contohnya bisa dilihat di website Traveloka.

6. Learn English Conversation
Nah, untuk yang mencari aplikasi yang bisa diunduh gratis dan dinikmati secara offline, Learn English Conversation bisa jadi pilihan. Kamu yang hanya butuh kecakapan berbicara bahasa Inggris, bisa melatih diri dengan aplikasi ini.
Tugasnya hanya mendengarkan, lalu berlatih berbicara sendiri. Simpan kosakata yang digunakan, lalu bisa dilanjutkan dengan bermain game untuk daya ingat. Selain itu, tersedia juga fitur translate bahasa yang bisa digunakan secara online.

7. Learn English With Aco
Aplikasi ini akan membantu kamu belajar membaca, menulis, mendengar, dan berbicara bahasa Inggris sekaligus. Termasuk, menghafal terjemahan, memahami tata bahasa, dan kosakata. Aplikasi gratis layaknya, kursus bahasa di lembaga konvensional.
Banyak materi yang bisa dipelajari dan kamu juga bisa memanfaatkan fitur online bilingual bahasa Inggris yang bisa diterjemahkan dalam 40 bahasa asing, termasuk Indonesia. Namun, perlu diingat fitur ini berbasis online sehingga membutuhkan kuota data atau pulsa untuk mengaksesnya.

Kamu bisa mengunduh salah satu atau beberapa aplikasi di atas untuk belajar bahasa Inggris. Cara yang mudah, hemat, dan nyaman, tanpa mengganggu rutinitas harian dan menguras kantong. Jadi, kini tak ada lagi alasan susah belajar bahasa Inggris.
Kecanggihan teknologi yang tersaji dalam ponsel pintar sangat membantu kita mengatasi beragam problematika. Hanya bermodalkan ponsel, aplikasi, dan kuota data, maka kita bisa menjadi ahli di bahasa yang diminati. Kuncinya hanya konsisten dan focus saat belajar. Setiap saat, meskipun perlahan, kita harus meningkatkan nilai diri kita setiap hari, dengan skill bahasa inggris salah satunya. Semoga bermanfaat!

16 Apr

Mencoba Origin Game Service

Sudah sejak tahun lalu saya diselamatkan oleh Gabe Newell dari dunia kelam permbajakan. Saya sebelumnya hanyalah seorang gamer, yang tidak pernah memberi kontribusi ke dunia game. Reloaded, Skidrow, dan scene-scene bajakan lain menjadi teman setia. Tapi kemudian negara Steam menyerang. Hidup saya tercerahkan. Semenjak itu jarang sekali main game bajakan, sampai sekarang sudah 160 title lebih library saya di Steam. Semuanya Halalan Toyiban, hanya kurang sertifikasi MUI saja. Kesuksesan Steam tidak hanya sebagai sebuah game store, tapi juga sebagai sebuah platform all in termasuk komunitas, mod (Steam Works), marketplace, dll mengundang perusahaan lain untuk turut mencoba bisnis serupa.

Read More

07 Apr

Berlangganan Telkom IndiHome

Bagi pekerja home-office seperti saya, Internet di rumah adalah nyawa dalam bekerja. Keberadaannya sudah tidak bisa ditawar dan kualitasnya tidak bisa diajak kompromi. Mungkin hal ini tidak menjadi masalah kalau di kota besar, karena banyak pilihan yang bisa dicoba. Saya tinggal di kota kecil dan damai ini (Jepara), dan pilihannya cuma satu, Telkom.

Setahun yang lalu saya pasang Speedy di rumah kontrakan. Meskipun lokasi rumah di tengah kota, namun menurut pihak Telkom hanya bisa dipasang Internet 1 Mbps. pedih rasanya :) Namun syukurlah setelah dilobi kemudian bisa diusahakan menjadi 3Mbps. Sekarang saya sudah membangun rumah sendiri dan sudah hampir jadi. Masalah ketersediaan Internet ini kembali jadi issue bagi saya. Bagaimana tidak, rumah saya ini lebih pelosok dari rumah kontrakan dan berada di pinggir sawah dan laut (literally!). Tapi sepertinya saya sedang beruntung, seorang kenalan di Telkom Jepara menginformasikan bahwa jalan di depan rumah saya persis ternyata dilewati oleh jalur FO (Fiber Optic) Telkom (yang sepertinya menuju ke kampus Undip Teluk Awur).

Read More

02 Apr

Menyapa Horizon Setiap Hari

Backyard Horizon

Backyard Horizon

Kapan terakhir kali kamu melihat Horizon? Melihat permukaan bumi dan langit bertemu. Kapan terakhir kali mengengok langit dan yang kamu lihat adalah ‘full screen’, tanpa terganggu atap bangunan? Melihat ruang dan merasakan waktu ketika hiruk-pikuk keseharian manusia adalah tiada. Mungkin sangat jarang, mungkin hanya ketika sedang mengunjungi tempat wisata saja. Saya juga, sampai kemudian keluarga kami diberi sedikit rezeki untuk membangun rumah sendiri, dan kebetukan lokasinya pinggir laut kalau saya bilang, atau “Ocean View” istilahnya kalau misal dituliskan dalam brosur perumahan untuk konsumsi orang kaya.

Read More

14 Jul

AMD Mewujudkan Impian Teknologi Semua Gamer!

Dear friends, apakah impian teknologi kamu? Bagi saya seorang gamer, salah satunya pastilah teknologi gaming. Gaming adalah buah dari teknologi yang saya nikmati sejak saya kecil sampai dewasa sekarang ini. Dan bagi saya, impian-impian teknologi gaming saya selalu diwujudkan oleh AMD. How? Let’s check it out!

AMD-bullet Apa Impian Teknologi Kamu?

Apakah Apakah perbedaan antara gamer PC dan gamer lainnya, seperti gamer console dan gamer casual (misal gamer handphone)? Gamer console atau gamer casual cukup senang dengan sistem mereka yang selalu sama selama bertahun-tahun dengan teknologi generasi kemarin. Sedangkan bagi gamer PC, bermain game hanyalah separuh dari keasyikan, separuhnya lagi adalah mengoprek sistem. Membangun PC, mengupgrade, dan mengoptimize PC. Gamer PC tidak akan pernah berhenti, dan kata puas adalah kata yang jarang terdengar. Itulah juga yang saya lakukan sebagai gamer PC, dengan kata lain, PC adalah sabahat yang kita jaga, kita rawat dan kita beri kekuatan tambahan kalau dia membutuhkan. Dan bagi saya, PC sahabat saya itu, selalu mempunyai AMD sebagai intinya, sebagai hatinya.

Read More

06 Jul

Your Tech History!

Let’s have a quick and funny trivia, sejarah pilihan kita terhadap teknologi sedikit banyak bisa memberikan gambaran tentang kita. Misal nih kita hidup di jaman apa, kesukaan kita apa, dan mungkin kalo meneliti lebih dalam bisa jadi kepribadian kita apa (lebay). Dan oh iya, satu lagi : seberapa dalam kantong kita. Obviously! haha. Coba saya mulai dengan menengok dari barang teknologi sejuta umat.. eh bermilayar umat, yaitu henpon!

Read More

07 Feb

Invictus

I had fun once, It was awful

I had fun once, It was awful

Wah sudah tahun 2014! Dan post terakhir di blog ini adalah dari tahun 2012! Waduh skip setahun.. berarti genap setahun juga ngasih  sedekah ke Hostingan. Eh tapi at least domainnya aku pakai sebagai alamat email. Ah anyway.. sudah lewat sebulan lebih untuk ritual resolusi apa tahun ini ya.
But let me slip a simple question :

“Ask yourself, Are you now the same man with you one year a go?”

Read More

26 Dec

Memperbaiki Video Card (GPU) dengan Oven

Long wiken akhir tahun, saatnya santai dong. Downlodan game sudah siap, udah diinstall dan kini saatnya main. Oke, nyalain gamenya dan lagi asik-asiknya tiba-tiba layar timbul gambar-gambar aneh. Tak lama kemudian diikuti dengan hang dan blue screen Windows dan langsung restart. Dinyalakan lagi bisa, tapi tak ada gambar di layar. Monitor tidak menampakan adanya sinyal dari VGA card. Waduh..

VGA Card saya ini MSI Radeon HD 4850 memangs udah uzur… Mengabdi di saya sudah 3 tahun lebih, tapi masih kuat-kuat saja memainkan game-game terbaru, mau upgrade kok masih sayang (sayang duitnya, bukan VGA-nya hehe). Tampilan aneh-aneh tadi kira-kira seperti gambar di bawah ini (bukan punya saya sih, saya gak sempet ngambil gambarnya) namanya artifact yang konon katanya adalah tanda-tanda VGA card kita sudah sekarat dan hampir wassalam. Konon katanya lagi ini disebabkan karena konektor-konektor di cardnya sudah tidak sebagus dulu di masa muda.

Read More

04 Dec

Sebuah Tempat dengan Sebuah Sudut Pandang

sepeda2

Jadi di suatu hari, di antara embun pagi daerah Sleman, di atas sadel sepeda yang terlalu mungil untuk pantat saya ini tiba-tiba dunia terlihat lebih jelas. Semua jalan yang saya lewati seakan dalam resolusi full HD, sebuah pemandangan yang tidak kita temui bila mengendari mobil atau motor.

Di dalam kabin mobil, di atas jok motor, dunia terlihat lebih blur, lebih cepat bergerak… susah dinikmati (well, sebenarnya kata dinikmati ini bersifat subjektif, soalnya sadel yang sepeda yang kecil itu jelas tidak nikmat diduduki.. damn you Polygon!). Tentunya bukan salah retina mata saya yang response-timenya terlalu rendah, namun karena kecepatan yang membuat kita lupa. Kecepatan itu mencandu, kecepatan itu menuntut kita untuk melaju, tanpa peduli maju atau membatu.

Read More

23 Jun

Budiyono, S.T., M.Eng.

lulus

Sabtu 23 Juni 2012, jam 10.50 aku sudah bersiap di lobby jurusan Magister Teknologi Informasi Teknik Elektro UGM, aku masih santai, tapi dikabari pihak akademik bahwa dosen sudah menunggu di ruang ujian. Haduhh.. masak keduluan penguji. Hari itu, jam 11.00 adalah jadwalku ujian Pendadaran Tesis, setelah sebelumnya menempuh 4 kali ujian pra-pendadaran sejak september tahun lalu.

Sampainya ruangan ujian ternyata baru 3 orang penguji yang datang, 2 di antaranya dosen pembimbingku, dan masih menunggu yang satu orang penguji lagi. Akhirnya beliau yang ditunggu ini datang juga. Ujian dibuka oleh ketua sidang (dosen pembimbing 1-ku) jam 11.15.

Read More