29 Jul

Ubuntu for All

ubuntu logo

Kemarin aku dapat kiriman paket dari Belanda. Kirain duit golden atau apa, eh ternyata ubuntu yang kupesan lebih dari sebulan lalu. Asyik, aku malah sampai lupa kalau sempat pesan. Ubuntu? Bukan, sama sekali bukan usus buntu apalagi gang buntu hihihi (nggak lucu :)).

Ubuntu adalah salah satu distro Linux yang lagi ngetop (for some people). Versi yang kuterima adalah versi 5.04 codename “Hoary Hedgehog”. Kata Ubuntu berasal dari Afrika yang artinya “Humanity towards others“. Keren kan? Nah kerennya lagi Ubuntu ini dengan perusahaan sponsornya bagi-bagi CD Ubuntu gratis. CD gratis? Itu sih biasa, berapa sih harga cd? Tapi yang lebih bagusnya lagi, ini biaya shipping-nya juga dibayarin (sampai ke negara tujuan). Karena sebenarnya biaya shipping-nya ini yang mahal, maka sebaiknya dihimbau teman-teman untuk memesan yang banyak sekalian (tapi reasonable) untuk dibagi-bagi ama teman-temannya. Satu pack Ubuntu berisi dua buah yaitu CD instalasi dan CD live (semacam knoppix gitu). Ubuntu yang dibagi-bagikan ini ada tiga macam variasi. Untuk PC(x86), untuk Procesor 64bit (misal AMD64, Opteron dll) dan untuk PowerPC (Mac, G series dll). Kemarin aku pesen 10 paket untuk versi PC dan masing-masing 1 paket untuk versi yang lainnya. Emang sih untuk versi selain PC aku nggak butuh, tapi ya siapa tahu.. Tadi sambil jumatan ke kampus sempat kubagi beberapa ke teman-teman. Kalu teman-teman mau pesen bisa ke sini ini : pesen ubuntu

Ubuntu ini desktop manager-nya menggunakan Gnome, jadi ya bagi yang terbiasa dengan KDE harus menyesuaikan diri. Gnome menurutku lebih sederhana dan nggak neko-neko. Atau kalau memang cinta mati sama KDE mungkin bisa coba project partner-nya Ubuntu yaitu Kubuntu (yang ini pakai KDE), cuman sayang yang ini nggak bagi-bagi CD. Kalau ngebet ya download aja ISO-nya. hehehe..
Moto-nya Ubuntu Linux ini adalah “Linux for Human Being“. Nah lo, memang selama ini Linux buat siapa ..eh.. apa?

2 thoughts on “Ubuntu for All

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *