14 Dec

Gmail di mana saja, kapan saja!

Hoi dengarkan, konon katanya orang jepang punya toaster yang tiap pagi login ke internet kemudian memanggang laporan perkiraan cuaca pada roti. Orang jepang lalu melihat hasil perkiraan cuaca pada roti itu sebelum melahapnya untuk sarapan. OK, kita nggak perlu secanggih itu dulu, tapi paling tidak bisalah kita mengecek email kapan saja dimana saja menggunakan hape, ya?

Sebelumnya kita bisa mengakses Gmail versi mobile melalui web-based yang interfacenya telah disesuaikan untuk hape yaitu dialamat : http://m.gmail.com Tentunya untuk mengaksesnya kita membutuhkan sebuah web browser pada hape kita. Opera Mini merupakan browser yang paling banyak dipakai, tentunya bisa juga menggunakan browser bawaan dari masing2 hape. Namun itu dulu, kini sudah ada aplikasi berbasis Java yang khusus didesain untuk mengakses account Gmail kita.

Memperkenalkan Gmail Mobile (sebut saja begitu, nama aplikasinya sih Gmail tok), sebuah aplikasi berbasis Java yang khusus untuk mengakses Gmail dari hape (perangkat bergerak, mobile devices). Setelah sebelumnya aku cuma bisa ngiri sama hape teman yang sudah bisa, ternyata sekarang N6600 tua kesayanganku juga sudah disupport! Cihuy! Berikut Skrinsutnya :

gmail mobile   gmail mobile

Bagaimana kita tahu bahwa hape kita sudah didukung dan bisa menikmati fasilitas ini? Pertama pastikan hapemu sudah bisa GPRS, dan mempunyai web browser. Kunjungi Gmail mobile di m.gmail.com, logout dulu kalau masih login, kemudian lihat bagian atasnya akan ada semacam “iklan” berupa link “Get Faster Gmail” seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini. Ikuti saja link itu untuk mendownload aplikasinya. Apabila link tersebut tidak terlihat, kemungkinan besar hapemu belum didukung, seperti punyaku dulu. Sempet dulu saya paksa, yah namanya juga pengen :p, mengambil file .jad aplikasi Gmail tersebut dari hapenya teman dan tetep saja nggak bisa diinstall, dengan error message “Your device is not supported”. Jadi ya.. sabar saja. :)

gmail mobile   gmail mobile

Walaupun aplikasi ini berjalan pada perangkat bererak yang identik dengan keterbatasan sumber daya, tapi ternyata aplikasi ini cukup lengkap juga kalau dibandingkan dengan versi Gmail aslinya. Fitur2 yang juga ngikut pada versi mobilenya ini antara lain : Mail conversation (pengelompokan email berdasarkan subject, ini kan salah satu keunggulan Gmail), Search mail, Mode tampilan “View” untuk filter dan label, dan tak lupa juga fasilitas auto complete (ketika kita mengisi form contact alamat email)

gmail mobile   gmail mobile

Nah, jadi yang punya hape GPRS dan selama ini cuma untuk miscall, sms, dan nyimpen 3gp syuuur, maka sekarang punya satu alternatif untuk memanfaatkan hapenya. Lagian di Indonesia, apalagi kota yang nggak begitu gede seperti Semarang, orang masih takjub saja kalo tiba2 sedang asyik nongkrong sama orang2 kemudian aku berceletuk sambil ngeluarin hape… “Bentar ya, aku cek di email dulu..” :d Padahal hal seperti ini harusnya sudah jadi barang biasa ya.

31 thoughts on “Gmail di mana saja, kapan saja!

  1. Nokia 2100 bisa ndak, mas Budi? :-?

    hehe.. hape saya malah lebih canggih lagi. bisa buat nyalain TV, Radio, AC, dsb.. tinggal pencet tombol ON pada tiap-tiap perangkat, pake HAPE!! :))

    yg lebih ampuh, bisa buat senjata!! dinggo mbandem kirik!!!

    *wuuts*

    *pletak*

    *KOAING*

    =))

    hoi!!! sapa sing mbandem kirikku?!!

    *yg punya anjing keluar, ngacungi clurit*

    *kaboooorrrr*

    batal deh, pesta sengsu ntar malem..

    =))

    btw, keycode-e pas banget: ANJING!! :d/

  2. beberapa waktu yg lalu saat gencar2nya di kampong bahas ini, saya langsung coba dan sialan ternyata N6630 punya saya tdk bisa donlot langsung lewat hp ada error apa gitu. untungya di kampung ada yg kirim atch-nya.langsung saya coba, wadoh tidak pernah bisa berhasil login. error melulu:((
    gprs sudah aktip, biasa make operamini dan agilemessenger [agilenya pun skg dah perlu registri lagi pulak].

  3. to dendi : perasan kamu dah ngomong gitu sejak 20 tahun yang lalu Den…

    to bebek : Yah kapan2, Gmail gak kemana-mana kok

    to zam : Iki komen opo nulis script sinetron?

    to abe : Nggak gitu sih Be, tapi yang penting minumnya teh botol Sosor! :d

    to geblek : Lho informasi dari Kampung? berarti FMCOPD dong. Pasti itu! Pasti! :-”

    to chocoluv : bisa diupgrade kok Mon, bawa saja hape lamamu ke Nokia centre malem.. sambil jn lupa bawa linggis…

  4. Wah, kalo saya fasilitas agile messenger cukup deh *hehehe*
    mas budi mampir yo, aku posting cerpen nih…tapi jo nesu yo nek anime kesukaanmu tak gowo2 hehehe

    wah keycode ku : penyu…lucu…koyo kura2 ninja

  5. Ohhh di situ toh .. dari link ‘Get faster gmail’? Selama ini aku cuekin aja. Wong pake opera mini juga lebih mantap dan wuss wusss dibanding browser bawaan HP. Ok deh nanti gw cuba klik. Thx bud.

  6. Hay².. salam kenal.. :)

    wah.. N6600 dah bisa buka email ya.. punyaku jg N6600.. hehe.. tapi slain gmail bisa buat buka yg laen? misalnya blog ato dsb? khan enak tuh.. hehe..

    Dl pernah nyoba pengen buka web ga bisa.. katanya tmn ku set nya beda..

  7. Iya, pulsanya lumayan juga pake IM3 1Kbnya 10 rupiah. :(

    to harry : coba akses m.gmail.com dulu pake hape

    to SatoNa : kalo buat buka blog ya.. tetep pake browser dong, atau pake rss reader, denger2 hape yang baru2 udah ada fitur ini.

    to tunggul : iya mas, ngikutin link dari homepagenya m.gmail.com, kalo url aslinya gmail.com/app tapi harus diakses pake hape juga.

  8. klo hape gprs yang bandel and sinyalnya kenceng buat modem yg bagus apaan yah ??yg jelas yg harganya terjangkau getoooo..thankssss

  9. Yah belum bisa juga Nokia 6165i CDMA

    Setelah ngikuting links Get Fasternya muncul tulisan kek gini

    Gmail
    Sorry, the Gmail application does not work on your Nokia 6165i. However, you can access Gmail on the go by using the web version.

    Sekian dan terimakasih

  10. hahaha masi jaman pake program??? basi banget euy pake fasilitas email donk…da di sediain di hp… umm N6630 uda bisa (g uda settingin). K750 jg sptnya uda bisa. mungkin after N6600 keatas harusnya uda bisa semua d… tinggal masukin settingan aja… jadi bener2 spt sms.. email spt sms.. hahaha blum pernah ada kan?? xixixixi per kb na? cm di hitung besar kb email dikirim ga perlu download dan upload gambar web..

    nanti yg ada email masuk spt sms.. ga perlu cek2 email…
    trus yg ada..*bep bep bep* “eits ada email masuk…. dari sapa yah… bentar2” :d

    ada yg mudah ngapain susah?? :d/

  11. Hi mas,

    klo buat N3230 bisa ga yah kok klo coba dari opera selalu change ke web trus pas di web selalu web page niot available??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *