02 Jun

Eien no Ai

basi
Warning : Basbang content is up ahead, proceed with caution!

Adalah judul lagu yang dinyanyikan oleh Ten2Five, sesuai judulnya tentu saja ini lagu jepang. Namun karya Indonesia. Jangan salah, yang basbang bukan saya. Lagu ini sudah aku banyak aku dengarkan beberapa bulan yang lalu dan udah lama ngendon di hape. Cuma pengen nulis sekarang karena si DKazuma jagoan basbang pedopil biadab itu dengan tak berdosa mengangkat topik lagu ini ke milis id-anime. Dan suer walau aku suka lagunya, tapi belom pernah liat video clipnya, dan entah kenapa nggak kepikiran juga untuk nengok ke yutub. Baru kali ini (5 menit yang lalu aku nonton di Global tipi) toh aku nonton tipi sekedar peneman sepi, dan pas tipi dengan ketebalan debu 2cm diatasnya itu sedang tuned in di Global.

Bersyukur video clip ini ini nongol karena prasaan dari tadi aku nengok ke situ yang tayang cuma muka-muka perserta vjhunt ato apa gitu dengan pendapat-pendapat dongo dan sama sekali nggak intelek (bahkan tingkah lakunya saja menunjukkan sikap kontradiktif) terhadap global warming. Malah ada yang ngaku BITCH.. “Beautiful-Intelegent-Talented bla bla bla.. my wildest fantasy is to take off my clothess in the middle of a mall.. and my worst experience is i’m trying to help my friend waktu dia kesurupan..”
OMAIGOTDAMMITFUCKINGJERKCINCHALAWRAWANNABEGOFUCKYOURSELFBITCH!!!

Balik lagi ke lagu Eien no Ai (Forever Love). Pertama aku suka Lagunya! Lagunya sederhana, seperti kebanyakan lagu Ten2Five, seperti Don’t Say Goodbye. Dan mungkin ini adalah lagu berlyric jepang yang langsung aku bisa mengerti dan tahu artinya dari awal sampai akhir. Seperti kebanyakan lagu Ten2Five, memang banyak repetisi yang terjadi, tapi menurutku itu nggak membosankan kok. aku cuma kompalin sedikit tiap penyanyinya mengucapkan partikel “o” yang terlalu lugas, harusnya bisa lebih fluid. misal contoh “kono yume o“, harusnya bisa diucapkan seolah “kono yumewo..” tapi itu bisa dimaafkan karena lagunya tetep bagus kok. Nah yang aku mau komplain itu… VIDEO CLIP-nya.

Oke, mungkin saya terlalu banyak terkena dampak radiasi racun acara lomba lagu yang di indosiar itu.. mamamia, supermamamia show, soulmate show dll.. dll.. you name it. yang dengan terpaksa atas kekuasaan Ibu, dengan sukses menguasai ruang tengah keluarga saya. menginvasi kedamamaian rumah tangga dengan joke yang WTF super duper repetitip dan sesuai dengan selera rakyat indonesia, masih mengandalkan pada ejekan-ejekan. Dan setiap saya lewat.. mo ke wc kek, mo ambil makan kek, mo apa kek, pasti mau tak mau pasti aku liat, shouganai wa, helpless, sebenarnya mau merem pas liwat situ tapi takut nabrak meja. Jadi dengan pengaruh ilmu mamamia tadi yang mungkin berhasil sedikit merembes ke otak ini, izinkanlah saya menaruh sediki verdict terhadap PV Eien no Ai :

pertama : penyanyinya
Lagu Eien no Ai (Forever Love / Cinta Abadi) adalah bercerita tentang keindahan cinta, meskipun lagunya sendu, tapi ini bukan lagu sedih. Mengapa ekpresi penyanyinya seakan-akan mau mewek gitu? oke, cukup segitu saja, soalnya saya tutup mata saja pada yang cowoknya, selain nggak hobi merhatiin cowok, toh kebanyakan band Indonesia selain vokalis (si cewe), yang laennya adalah nothing, figuran.

kedua : dandanan
alaaaamak jaaangg!!! itu bedak di muka berapa KG dihabiskan? dan akan dimaafkan kalo bedak 5KG itu berhasil menyamarkan bintik, bisul, panu, jerawat dan noda sehingga terlihat mulus di kamera. Lha ini nggak fungsi!!! siapa periasnya? selain jadi tukang rias pasti dia juga part-time tukang kebun!! profesional dong!! Trus baju.. Jepang ya jepang aja… jepang juga bisa casual.. gak usah pakaian karnaval. Kalo disepadankan orang jepang nyanyi lagu indonesia, maka diibaratkan orang jepang tadi make kostum reog ponorogo instead of baju kebaya. siapa pengarah kostumnya?? pasti dia juga part-time jadi pengumpul telur di peternakan ayam (iya nggak ada hubungannya sih)

ketiga : setting
itu apartemen apa rumah susuuuunnn. Tinggal kasih scene ibu-ibu njemur daster di rail pagar jendela.. maka jadilah. Maap, bagi orang kampung macam saya, segala macam yang berhubungan dengan keartisan, maka otomatis saya anggap mereka kaya. Cari dong apartemen yang bagusan dikit. Trus sesuai lyric.. “Yoru no. PURU SAIDO de..” (di malam hari di tepi kolam..) WHERE THE FUCK is seting malam hari di tepi kolamnya?? plus kalo boleh saya minta yang sedikit muluk… cahaya bulan yang temaram menimpa rambut kanojo yang lurus sehingga bercahaya dan ikut membiaskan senyumnya yang menawan… mengapa saya malah melihat rumah susun???

keempat : model
Maap kalo saya sedikit rasis. Tapi dear tukang casting video clipnya Ten2Five, dengan hormat saya ingin menginformasikan bahwa : CINA DAN JEPANG ITU BEDA! walau sama-sama putih dan sipit. Lagian kenapa harus maksa sih? kurang cakep model indonesia? tuuuhhh Gita Gutawa sedang ngganggur… lagian nggak mesti harus couple gitu kan?

Eien no Ai
lyric translation by me, maap kalo salah

Yoru no puuru saido de : malam ini di tepi kolam [puuru saido =pool side]
Hitori kiri suwatteiru : duduk sendirian
Hoshi no moto de anato o omotteiru : dibawah bintang memikirkanmu
Omotteiru oh.. : memikirkanmu oh..

Reff:
Isshoni anata to futari : berdua bersamamu
Eien no ai o : forever love
Isshoni anata to futari : berdua bersamamu
Eien no ai o : forever love

Futari wa onaji janai kedo : walaupun kita berdua berbeda
Ai de hitotsu ni naneru : tapi kita bersatu dalam cinta
Shiawase ni naru kono yume o : menjadi bahagia dalam mimpi
Shiawase ni naru kono yume o : menjadi bahagia dalam mimpi

Jinsei wa subarashii date : kehidupan ini indah
Anata to de aeta kara : karena aku bisa bertemu kamu
Isshoni anata to futari : berdua bersamamu
Eien no ai o : forever love

Eien no, eien no, eien no ai o
Oo nananananananana
Eien no, eien no, eien no ai o

P.S :
Sekarang saya ingin D’Cinnamons nyanyi lagu jepang!!!

38 thoughts on “Eien no Ai

  1. Hehehe, Terima kasih banget buat kritik nya..
    Lain kali kami akan buat yang lebih baik.
    Maaf banget, soalnya memang video clip ini dibuat sendiri.
    kami memakai duit dari kantong sendiri yang dikumpul2in cuma jadi 7 Juta. udah buat kamera, lokasi, model, makan, minum, wardrobe, lighting, kru, dop, transport, etc etc. dan buatnya bener2 rock an roll.. hahaha, persiapannnya cuma 2 hari, dan memang proyek percobaan dan gila2an.
    Sutradaranya aja bassistnya si Arief dimana semuanya belum punya pengalaman di bidang ini sebelumnya. Kami dibantuin sih, sama temen kami decky, dengan semangat perjuangan indie.. hahha.
    Model nya (yang cewek) itu Imel sendiri lho?.. hahaha sadar nggak? emang karena budgetnya kebatas banget, jadi ya gitu deh.. imel di dandanin abis2an.
    Make up imel memang lagi percobaan banget!.. hehehe pingin yang beda dari yang lainnya.. tapi kalo ternyata nggak berhasill hahahaha kami sudah tahu konsekwensinya.. seru kok, bulu alisnya bisa buat ngipas sate…
    Apartemen, … huhuhu jangan gitu doooonk.. baru kebeli tuh apartemen, terus belum lunas… huhuhu…
    Anyway, kami memang percobaan, tapi bukan berarti kami nggak berusaha total disini. Kami ingin berusaha memberikan selalu yang terbaik buat semuanya. hehehe
    maaf banget kalo nggak sesuai, nantinya pasti lebih baik lagi.
    Tapi thanks banget buat saran dan kritiknya..
    Jangan kapok2 yaaaa?
    Love
    Ten2Five

  2. wakakakak…
    hayo lo, yang punya vidclip komen…

    tanggung jawab lo bud…
    udah kritiknya sadis gitu, tanggung jawab lo!
    buat vidclip selanjutnya lo jadi modelnya…
    dengan tema… MENGGELINDING TURUN GUNUNG!!!

    *quick junking*

  3. Eh, buat ten2five, budi bersedia loh menyokong dana untuk video clip berikutnya. Sutradaranya biar dihandle sama blek, diakan seniman dari tambora.

    *ngibrit*

  4. @ten2five
    untuk pembuatan video clip berikutnya silahkan hubungi bapak budiyono ini untuk menyediakan dana. Soalnya beliau sudah biasa bagi2 dana yang entah dari mana asalnya…

  5. hiya hiyaaa.. saya ngaku salah..
    maap-maap buat ten2five kalo ada kata-kata yang salah yak.
    saya fans lhoo…
    lagu2nya sederhana dan heart warming bgt.

    *walo blom beli cdnya hehehe*

  6. Hahahaha, Justru seru lagi kalo di kritik…
    Nggak masalah kok…
    Lagian kritiknya masih masuk akal, dan nggak menyinggung. Justru kayak begini begini yang kami butuhkan.
    Hehe, sekali lagi terima kasih lho!

    Love
    Ten2Five

  7. gakpapa. mengkritik itu hak tiap org. begitu juga menjawab kritikan. bukan masalah kok. kayak aku skrg. kerjaannya ngritik sinetron/pelem, nha skrg terpaksa hrs bikin skenario sinetron dan harus siap ganti dikritik.
    ayo, siapa mau ngritik skenario Hujan Stephie duluan!?

  8. mugyaaa hahaha…
    waduh ketawa ngakak nih baca post mu.
    aku dah tau lama sih soal ten2five ngeluarin lagu ini, tp br kali ini ngliatnya, lagunya bagus. and thx translatenya ^^

  9. maklum lah bud, namanya juga jepang-jepangan. Gaya jepang tapi infrastruktur indonesia. Tapi lagunya bagus Bud, mirip-mirip Utada Hikaru.

  10. Kritik lagi bwat Teen2Five…
    Mohon liriknya jangan diulang2… Jangan kayak lagu2 Indonesia pada umumnya. Bosen asli ngedenger lirik reff yang diulang2. Kan bisa dibikin variasi dikid, walaupun nadanya tetep sama.

    @Budi : Dah loe jadi model vklipnya ajah sonoh…

  11. Kedengarannya emang mirip Utada Hikaru. Toh dari awal mereka hadir di Indo ini mereka dah mirip Hiki. Belum liat video klipnya, tapi apa gitu ya? Cuma dengerin mp3 DL-an doang, sih.

  12. Aq suka suara vokalisnya….. unik…. te”p berkarya trus ya….!!! aq tunggu video klipnya yang laen….
    Ga nyangka Model CW nya sama ama penyanyi vokalnya….!!!
    Great Job….. I always be your fans….!!!

  13. iya..waktu pertama denger di radio kaget juga.. kok lagu jepang ada di segmen indo new?
    tapi kok suara yang nyanyi gak asing ya?
    tapi kok musiknya kayak familiar ya?

    eeeh jebule……
    Ten2Five tooo….
    imut banget lagu ini kesannya
    dan setuju sama budi, warm-hearted banget…

  14. (:| telat bgt ya? baru tau lagu ini dari fb tmn, tnyt udh lama bgt ya? tp bagus lagunya, trs ketemu blog ini pas nyari arti liriknya, wahahaha. . . jd pgn liat vidklipnya. thx ;)

  15. Sama! pengen d’cinnamons nyanyi jepang… :D :D

    @ten2five: makasih lagunya selain enak, bisa untuk belajar bahasa jepang jugak… arigatou gozaimashita

  16. gw setuju bahwa lagunya ten 2 five mantap2..
    tapi gw kurang stuju sama komentar si penulis yang gini

    “toh kebanyakan band Indonesia selain vokalis (si cewe), yang laennya adalah nothing, figuran.” gubraks komentar yang aneh..!

    klo gitu mending ga usah ada band di indonesia smuanya jadi penyanyi solois dan silahkan perhatikan vocalis2 sepuas2nya.dan ga ada perkembangan dalam karakter lagu kalo ga di dukung sama anggotanya. tapi karena yang komentar cuma 1 orang yang aneh gini,mending ga usah di hiraukan

    gw jadi heran yang nulis ini bisa maen musik juga atau cuma jago dalam mengkritik?

    ini sekedar suara dari beberapa anak band.terutama playernya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *