23 Jun

Budiyono, S.T., M.Eng.

lulus

Sabtu 23 Juni 2012, jam 10.50 aku sudah bersiap di lobby jurusan Magister Teknologi Informasi Teknik Elektro UGM, aku masih santai, tapi dikabari pihak akademik bahwa dosen sudah menunggu di ruang ujian. Haduhh.. masak keduluan penguji. Hari itu, jam 11.00 adalah jadwalku ujian Pendadaran Tesis, setelah sebelumnya menempuh 4 kali ujian pra-pendadaran sejak september tahun lalu.

Sampainya ruangan ujian ternyata baru 3 orang penguji yang datang, 2 di antaranya dosen pembimbingku, dan masih menunggu yang satu orang penguji lagi. Akhirnya beliau yang ditunggu ini datang juga. Ujian dibuka oleh ketua sidang (dosen pembimbing 1-ku) jam 11.15.

Dimulai dengan presentasi-ku, 78 slide power point harus bisa aku sampaikan dalam waktu kurang lebih 15 menit. Terang saja aku menghabiskan waktu lebih dari itu. Dilanjutkan dengan sesi pengujian dan tanya jawab. Seperti biasa pertanyaan dari dua dosen pengujiku tidak terlalu susah, dan aku sudah biasa dengan alur pemikiran beliau-beliau. Tantangan sebenarnya dari dua orang penguji yang lain. Butuh waktu lama untuk aku bisa menjelaskan dan mempertahankan Tesisku. Semua pertanyaan aku bisa jawab, entah dengan bersiapan atau dengan improvisasi :), dan sempat agak tegang juga dengan salah satu beliau ini. (lha wis dijelaske kok ngeyel terus, hihihi…)

Kira-kira jam 13.30.. setelah kira-kira 2 jam 15 menit. Penguji merasa cukup dan mempersilahkan aku untuk keluar, untuk memberikan kesempatan mereka berdiskusi. Aku istirahat sebentar di ruangan transit di sebelah, untuk duduk dan minum. Kaki capek berdiri terus dan bibir kering ngomong terus. Tak lama kemudian aku dipersilakan kembali ke ruang ujian dan dinyatakan lulus dengan dengan nilai A. Dewan penguji memberikan selamat dan menyalamiku satu persatu. Aku sambut gembira, tak peduli tanganku yang masih keringetan.

Tesisnya masih ada revisi (ya iyalah.. Tak ada gading yang tak retak, tak ada tesis yang tidak revisi), namun revisinya tidak terlalu substansial kok. Selesai dari situ, di luar ketemu dengan temen seperjuangan dulu, ngobrol sebentar, langsung menuju ke parkiran. Melepas sepatu dan ganti ke sedal jepit, Melepas dasi harga sepuluh ribuan yang dipakainya sesak ini, lalu duduk dan menarik nafas panjang. Aku telpon istri di rumah dan ibu di Semarang untuk memberi kabar. Perjalanan pulang ke rumah sore itu terasa ringan sekali, dan aku sempetin mampir beli es dawet 4 bungkus.

Tapi, perjuangan ini baru hampir selesai, yang berarti adalah BELUM. :)
masih ada bejibun syarat prosedural yang harus dipenuhi, terutama publikasi naskah ilmiah yang harus dikejar. Chemunguuddkhh!!!!

13 thoughts on “Budiyono, S.T., M.Eng.

  1. selamat mas….
    ada 2 perasaan dalam jeda waktu 2 jam ya, sebelum n sesudah…kl sebelumnya tuh beban beraaaat banget, tapi setelah selesai sidang thesis, langsung plong, entah apapun hasilnya, tapi seluruh jiwa raga berasa ringan banget :) ‘i’ve been there
    selamat ya….

  2. thank you Didut, Harry, Yogie, Slams, Viii (hurufnya dobel 3 ya?) dan lowo..
    semoga yang belum cepat nyusul.. *lirik tajam ke yogie*

  3. kereen bos, dari dulu memang sudah pinter ya njenengan, saluuuut…. btw kunci untuk sukses sebenarnya apa sih? satu bidang ditekuni atau belajar banyak bidang tetapi hanya covernya saja? tks b4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *