28 Jul

Oscar for Ghost Hunter?

boo..!!

Kemarin, sepulang kerja aku lihat rame-rame di jalan kaligarang depannya pasar swalayan kedaton. Aku sih gak peduli tapi, jalan aja terus. Malemnya aku mau ke Gramedia, lewat jalan itu lagi, masih aja rame, sekarang malah jauh lebih rame lagi banyak orang kampung sekitar situ yang nonton. Oh..rupanya ada hantu ..eh.. maksudku syuting pemburu hantunya lativi. Sorry ya, gambarnya kok malah ghostbuster, lha wis googling nggak nemu sih, jadi itu aja, lagian mirip buanget kok, jelas-jelas “trully inspired” tuh. Sedikit ngomentarin logo-nya ya. Kenapa ghostbuster banget? Kenapa childish banget? Itukan gambar setan sprei (maksudnya orang yang malsu jadi setan pakai sprei!). Kalau aku membayangkan akan membuat logo Tim Pemburu Hantu, mungkin aku akan berpikir tentang sesuatu yang mistik dan megah, tentang histogram-histogram kuno yang religius atau semacam itu. Ah.. tapi sudahlah!

Aku belum pernah nonton acara itu sih, maksudnya satu acara full, paling-paling mampir sekilas kalau acara yang aku tonton sedang iklan. Tapi karena ini di kota-ku ya akhirnya nonton juga aku malam itu (di tv), full! Dan oh..wow. Kayaknya lagi lagi aku akan mencemooh nih.. Biar aja, lha blog punyaku sendiri hehe.. Tapi aku nggak akan jadi ahli sosial yang lantas membahas pengaruh acara ini dimasyarakat, males, cukup dari sisi diriku aja.

Sebelum acara pengusiran (yang wonderfully dramatic itu) si mbaknya nerangin segala macam yang pernah nampak di sini mulai dari wanita berbaju putih (wa… sadako banget, kayaknya ini model setan global ya?), terus ada setan yang cuman kepala doang dan juga setan yang mandi dll. Setelah ini itu akhirnya pengusiran dimulai. Wa keren juga ya..maksudku segala macam akrobatiknya gitu. Aku nggak pernah menyangka kalo pengusiran setan bisa tampil se”fisik” itu. Persis seperti mengusir orang, cuman bedanya ini nggak keliatan. Setan ditarik-tarik, diseret-seret, di combo attack dan akhirnya dimasukkan ke dalam botol. Penggambaran versi para jagoan ini pun tak kalah dahsyatnya. Mulai dari setan buaya yang besar, setan raksasa (dan sempat men-smack down salah satu jagoan) dan banyak lagi sampai aku lupa.. tapi mereka nggak menyebutkan vampir dan warewolf sih. Musik dan sound effect yang mirip game survival horor serta gambar di tv yang diberi frame hitam (buat apa sih dikasih frame segala? kasihan kan yang tv-nya 14 inch!) semakin menambah serunya suasana. Ya, seru! jauh banget dari kesan batin yang mistis dan religius. Bahkan mereka sempat membentuk formasi ala tokusatsu sentai (power ranger) suer! aku nggak bohong, katanya formasi perlindungan atau apa gitu. Kenapa nggak sekalian aja ditambahkan efek jurus kamehameha? Pasti lebih fantastis!

Jujur aku nggak begitu percaya sama hal-hal ini. Mungkin karena aku emang sama sekali nggak concern? bisa jadi. Malah kalau boleh aku berpikir sedikit picik, ini mungkin malah model baru advertising dari swalayan itu. Aku belum pernah ke swalayan itu, karena emang nggak tertarik. Dan aku juga nggak pernah sama sekali mendengar berita kalau tempat itu berhantu atau bahkan merupakan kampung hantu (karena hantu yang sukses ditangkap banyak sekali)!
Waktu aku googling di forum-forum dalam negeri, komentarnya lucu lucu juga lho :
-“Harusnya mereka kerjasama dengan syrup ABC, karena yang dipake botol syrup ABC. Lumayan kan bisa iklan “Syrup ABC, udah enak, botolnya bisa buat nangkap hantu lagi!” hehehe..
-“Pake vacuum cleaner aja! pasti lebih cepet”
-“Kenapa kerasukannya selalu macan, buaya dll.. nggak pernah kerasukan burung?. Kan bisa terbang yang kerasukan itu, baru aku percaya”

Masuk akal juga ya, paling nggak itu pendapat yang jujur. Tidak memaksakan pendapat dan asumsi kepada diri sendiri. kalaupun mau dipaksakan penjelassan yang logis, jelas nggak akan ketemu, jelas sel-sel otakku menolaknya. Kata orang “seeing is believing” …nah ini lha piye, wong nggak keliatan kok! Jangan salahkan aku yah!
Komentar temenku Encup soal acara itu : “Mereka harusnya dapat Oscar!”

3 thoughts on “Oscar for Ghost Hunter?

  1. harusnya mereka bikin film “indonesian ghostbuster” yang adeganya ada jurus-jurus ala film vampir cina en formasi formasi keren ala jepan tapi berpakaian ala pangeran diponegoro whuii…h pasti “go intlemasional(apane sing lemes??”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *